Selasa, 16 Mei 2017

Babinsa Koramil Keling Komsos CLTS


       Babinsa Watuaji Serda Ta'at  melaksanakan     kegiatan pendampingan pelaksanaan CLTS (Community  Lead   Total Sanitation) bersama Tim Puskesmas Keling 1.       Kegiatan dilaksanakan di   dukuh   Bumirejo  desa Watuaji kecamatan Keling,  Selasa 16 Mei 2017 dan  diikuti Petugas Puskesmas 3 orang,  Babinkamtibmas desa Watuaji dan 35 masyarakat desa Watuaji. 

      Kegiatan  CLTS  ini  lebih  ditekankan  pada   perubahan 
perilaku  kebiasaan  masyarakat  dari yang masih Buang Air Besar  BAB)   di  sembarang  tempat ( open  defecation)  ke tempat      yang   berkonsentrasi     (jamban).    Jamban   ini diusahakan  dari  bahan lokal (bukan terbuat dari konstruksi beton bertulang)  karena sasaran CLTS ini pada masyarakat pedesaan. Dengan adanya jamban yang sederhana tersebut lingkungan  akan  menjadi  lebih  sehat  dan  penyakit   yang disebabkan  akibat  dari  BAB  di  sembarangan  tempat bisa diminimalisir. Kalau masyarakat sudah bisa dan biasa BAB di jamban   tersebut dan  sudah  dapat merasakan keuntungan-nya secara  perlahan,  masyarakat  dengan  sendirinya akan membuat   jamban  yang  permanen  serta  lebih  memenuhi syarat kesehatan lingkungan.

     Perubahan perilaku BAB ini tidak gampang. Sebagai contoh kalau sudah terbiasa BAB di sungai yang kakinya terendam air, merasa dingin, melihat pemandangan dan terasa nyaman lalu harus berpindah BAB di jamban dengan ruang yang sempit, sumpek dan gelap adalah sangat sulit. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengubah perilaku tersebut. Secara klasik perubahan perilaku tersebut sering diutarakan oleh kebanyakan orang, baik yang berpendidikan tinggi maupun yang tidak sekolah sama sekali, yaitu bahan mengubah perilaku tidak semudah membalik telapak tangan. Dengan pendekatan CLTS secara bertahap diharapkan akan terjadi perubahan baik secara evolusi maupun secara revolusi. Hal ini akan tergantung dari sumber daya manusia yang ada pada lokasi kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up