Selasa, 13 Juni 2017

Muspika Donorojo, Danramil 08/Keling & MUI Tarawih Bersama

   


   Komandan Koramil 08/Keling Kapten Chb Edi Susanto melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Al Amin desa Ujungwatu kecamatan Donorojo, Senin 12 Juni 2017.
    Kegiatan Shalat Tarawih tersebut dilaksanakan bersama Muspika Donorojo, MUI kecamatan Donorojo serta masyarakat  desa Ujungwatu kecamatan Donorojo. Shalat Tarawih ini merupakan kegiatan Safari Ramadhan Tahun 2017.   Dalam kesempatan tersebut Danramil memberikan sambutan tentang "Shalat Tarawih" yang tidak hanya mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh,  diantaranya :  

1. Menyehatkan tulang dan persendian.   Tarawih adalah salah satu shalat yang cukup banyak rakaatnya. Jika kita rutin melaksanakan shalat tarawih maka niscaya gerakan-gerakan shalat tarawih mampu menyehatkan tulang dan persendian kita.
2. Menurunkan kadar gula darah. Setelah buka puasa biasanya kita cenderung makan berlebih, hal ini bisa berbahaya untuk tubuh kita terutama bagi penderita diabetes. Makanan manis yang disantap saat berbuka puasa bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh terutama pasien diabetes. Shalat tarawih adalah salah satu aktifitas dimana gerakan-gerakannya bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah setelah berbuka puasa.
3. Membakar kalori. Siapa bilang hanya olahraga saja yang bisa membakar kalori dan lemak ditubuh? Jika anda ingin menurunkan berat badan di bulan tarawih dan memiliki sedikit waktu untuk berolahraga terutama kesulitan berolahraga saat puasa, tarawih bisa sangat membantu. Melaksanakan tarawih tidak hanya mendatangkan pahala bagi kita namun juga membakar kalori makanan yang kita santap setelah berbuka puasa.
4. Meningkatkan fungsi otak. Shalat tarawih yang rutin dilakukan bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan otak sehingga otak bisa bekerja secara optimal. Hal ini akan membantu anda untuk lebih berkonsentrasi terutama saat bekerja meskipun anda sedang berpuasa. 
5. Menghilangkan stress. Layaknya aktifitas fisik yang lain seperti berolahraga, shalat tarawih yang dikerjakan secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stress dan tekanan yang dialami sepanjang hari terutama saat lelah dan stress karena pekerjaan. Saat melaksanakan shalat tarawih tubuh akan melepasakan beberapa senyawa kimia yang berfungsi untuk meredakan stress.
6. Meningkatkan mood. Banyak hal-hal yang bisa merusak mood kita dan tentunya saat berpuasa kita berusaha sebisa mungkin untuk meredam emosi kita terutama marah dan kesal. Shalat tarawih bisa menajdi salah satu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan mood baik kita dan menghilangkan stress. Saat shalat tarawih tubuh terutama otak akan melepaskan senyawa endhorpin yang bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood kita menjadi baik.
7. Menjaga kesehatan jantung. Siapa sangka shalat tarawih bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Saat melakukan gerakan shalat tarawih secara rutin tubuh menjaga keseimbangan detak jantung dan membuat kita merasa nyaman. Bisa dikatakan bahwa shalat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up